Senin, 16 Desember 2013

Harga Emas Tergerus oleh Potensi Tapering, Turunnya Pembelian Fisik

Harga emas spot untuk perdagangan kemarin malam tercatat mengalami kenaikan. Tren positif pada harga minyak terjadi sejak semalam dimana pergerakan rebound didorong oleh pelemahan nilai tukar dollar terhadap mata uang mayoritas. Sampai dengan saat ini tren penutunan indeks dollar masih berlanjut ke level 80,1 atau merupakan level terendah sejak 31 Oktober.

Saat ini harga emas mengalami kenaikan sebesar 0,3% menjadi 1244,37 dollar per troy ons dengan level support sebesar 1234 dollar per troy ons dan level resistant 1254 dollar per troy ons.

Naiknya pergerakan harga emas juga diikuti oleh logam mulia lainnya seperti perak yang naik 0,39% menjadi 19,72 dollar per troy ons, platinum naik 1,32% menjadi 1386,6 dollar per troy ons dan palladium naik 0,75% menjadi 740 dollar per troy ons.

Sementara itu pada perdagangan di Asia harga emas hari ini terpantau mengalami pergerakan yang cenderung melemah. Harga emas mengalami koreksi setelah selama tiga hari berturut-turut sebelumnya mengalami peningkatan. Meskipun melemah, harga logam mulia tersebut masih berada di kisaran paling tinggi dalam tiga minggu belakangan.

Kabar bahwa Senat AS untuk setuju untuk mengurangi pemotongan pengeluaran otomatis dan mengurangi defisit anggaran sebesar 23 miliar dollar dalam jangka waktu dua tahun membuat investor cenderung melepaskan emas. Ini merupakan sebuah tapering tahap awal yang ke depannya berpotensi untuk mendukung program tapering moneter Fed.

Sementara itu pembelian emas fisik di Asia juga turun akibat kenaikan harga selama tiga hari belakangan. Kondisi tersebut mengakibatkan harga ikut melemah.

Harga emas spot LLG terpantau mengalami penurunan ke posisi 1257.95 dollar hari ini. Harga emas melemah sebesar 4.15 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangannya dini hari tadi. Selama tiga sesi sebelumnya harga emas telah mengalami peningkatan sebesar 3 persen.

Analisa emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan cenderung melanjutkan penurunannya. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1250 – 1270 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar