Senin, 23 Desember 2013

Emas Naik Sedikit Pasca Terjun Bebas

Pada akhir perdagangan dini hari tadi harga emas mengalami penurunan tajam dan mencapai level terendah sejak bulan Juni lalu. Harga emas anjlok ke bawah level 1200 dollar per troy ons di tengah tekanan yang terjadi akibat keputusan Fed mengurangi program pembelian obligasi dan sekuritas bulanannya.

Fed mengambil keputusan untuk bahwa perbaikan ekonomi dan kondisi sektor tenaga kerja telah mencukupi untuk dikuranginya program stimulus moneter bulanan. Fed mengurangi program pembelian sekuritas berbasis hipotek atau mortgage backed securities menjadi 35 miliar dollar per bulan dari 40 miliar dollar per bulam. Program pembelian obligasi jangka panjang bulanan juga diturunkan menjadi 40 miliar dollar per bulan dari 45 miliar dollar per bulan.

Untuk mendukung progress mencapai tingkat pekerjaan yang potensial dan stabilitas harga, FOMC kembali menegaskan bahwa suku bunga rendah akan dipertahankan sampai waktu yang tidak ditentukan. Suku bunga dipertahankan pada kisaran 0 – 0.25 persen setidaknya hingga tingkat pengangguran berada di bawah level 6.5 persen.

Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan dini hari tadi melemah tajam dan ditutup di level 1188.55 dollar per troy ons. Harga emas tersebut mengalami penurunan sebesar 29.70 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas tersebut bahkan sempat mengalami penurunan hingga mencapai level harian terendah di posisi 1187.40 dollar yang sekaligus merupakan posisi harga paling rendah sejak tanggal 28 Juni.

Harga emas berjangka Nymex untuk kontrak bulan Februari juga ikut mengalami penurunan tajam. Harga logam mulia berjangka tersebut mengalami pelemahan sebesar 3 persen dan berada pada posisi 1198 dollar per troy ons.

Pergerakan harga emas spot kemarin malam terpantau sedikit mengalami kenaikan dari level terendah sejak bulan Juni lalu. Kenaikan yang terjadi saat ini dinilai akibat sentimen teknikal sesaat dan masih berpeluang mengalami penurunan kembali selanjutnya. Semalam harga emas sempat terjun bebas dari level 1224 dollar per troy ons ke level 1188 dollar per troy ons. Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya pernyataan dari John Paulson, milyarder sekaligus pemilik emas terbanyak di SPDR Gold Trust yang semalam menjual sebagian emasnya sebagai indikasi kekhawatiran bahwa harga emas diperkirakan dapat menurun sampai dengan akhir tahun.

Harga emas spot saat ini naik 0,1% menjadi 1195 dollar per troy ons dengan level support 1187 dollar per troy ons dan level resistant 1217 dollar per troy ons.

Pergerakan positif harga emas juga diikuti oleh harga perak yang juga naik 0,22% menjadi 20,16 dollar per troy ons, lalu platinum naik 0,66% menjadi 1327,1 dollar per troy ons dan palladium naik 1,975 menjadi 709 dollar per troy ons.

Analisa emas dari Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting, pergerakan harga emas untuk malam ini diperkirakan akan masih bergerak naik meski tidak terlalu signifikan. Malam ini dari sisi fundamental akan dirilis data final GDP AS yang diperkirakan akan bertahan di posisi 3,6% dan berpotensi kembali mendorong penguatan pada sisi nilai tukar dollar terhadap mata uang mayoritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar