Senin, 25 November 2013

Harga Emas Masih di Kisaran 4 Bulan Terendah

Harga emas spot untuk perdagangan kemarin malam tercatat mengalami kondisi flat. Komoditi logam mulia tersebut kembali bergerak tipis tanpa adanya dorongan yang signifikan. Pasar rupanya masih cukup berhati-hati dalam menyikapi kondisi fundamental ekonomi global saat ini ditengah naiknya performa nilai tukar dollar terhadap mata uang mayoritas. Salah satu perusahaan penyimpanan emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust hari ini melaporkan bahwa emas yang disimpan saat ini berada pada posisi 856,71 metrik ton atau merupakan jumlah terendah sejak Februari 2009. Sepanjang tahun ini jumlah emas yang disimpan telah mengalami penurunan 375.

Saat ini emas spot flat di posisi 1242,7 dollar per troy ons dengan level support sebesar 1236,7 dollar per troy ons dan level resistant sebesar 1269,3 dollar per troy ons.

Disaat yang bersamaan harga komoditi logam mulia lainnya mengalami mixed seperti perak naik 1,04% menjadi 20,14 dollar per troy ons, platinum turun 0,24% menjadi 1388,3 dollar per troy ons dan palladium naik 0,36% menjadi 715,85 dollar per troy ons.

Pada perdagangan di sesi Asia hari ini harga emas terpantau masih berada di kisaran paling rendah dalam empat bulan belakangan (25/11). Harga komoditas ini terpukul mundur di akhir sesi minggu lalu karena adanya kabar bahwa perundingan mengenai program nuklir Iran antara negara tersebut dengan enam negara lain berhasil mencapai kemajuan yang cukup signifikan. Ini merupakan kabar baik pertama terkait dengan kemelut nuklir Iran yang telah terjadi selama beberapa tahun belakangan.

Iran setuju untuk membatasi aktivitas pengayaan nuklirnya dan sebagai imbalannya memperoleh kelonggaran beberapa sanksi yang diterapkan barat kepada negaranya. Beberapa komoditas yang diperbolehkan untuk kembali diekspor adalah minyak mentah, sparepart kendaraan, emas dan logam mulia. Kesepakatan tersebut diumumkan kemarin setelah perundingan selama lima hari di Jenewa.

Harga emas dan minyak mentah terpukul mundur setelah kesepakatan tersebut diungkap. Hari ini harga emas spot LLG kembali turun ke level 1241.60 dollar per troy ons. Harga emas tersebut mengalami penurunan sebesar 1.75 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Harga emas berjangka Comex untuk kontrak pengiriman bulan Februari mengalami penurunan sebesar 0.6 persen hari ini. Harga emas berjangka tersebut diperdagangkan pada posisi 1237.20 dollar per troy ons.

Analisa emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas baik spot LLG maupun berjangka hari ini akan cenderung masih tertahan di teritori negatif, dengan adanya kemungkinan rebound terbatas. Harga komoditas tersebut hari ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1230 – 1250 dollar AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar