Senin, 11 November 2013

Harga Emas LLG Masih Terperangkap Pola Negatif

Harga emas spot untuk perdagangan minggu lalu terpantau mengalami kenaikan tipis. Komoditi logam tersebut terangkat jelang rilisnya data tenaga kerja Amerika Serikat yang akan diumumkan beberapa saat lagi. Data tingkat pengangguran untuk bulan Oktober lalu diperkirakan akan mengalami kenaikan 0,1% menjadi 7,3%. Para pengamat memprediksi bahwa pengangguran akan naik seiring dengan adanya dampak shutdown pemerintahan AS yang sempat terjadi di awal bulan Oktober.

Saat ini harga emas spot mengalami kenaikan 0,3% menjadi 1311,13 dollar per troy ons dengan level support sebesar 1295,3 dollar per troy ons dan level resistant 1326,23 dollar per troy ons.

Sedangkan komoditi logam mulia lainnya justri mengalami penurunan seperti yang ditunjukan oleh perak yang turun 0,25% menjadi 21,58 dollar per troy ons, platinum melemah 0,7% menjadi 1444,8 dollar per troy ons dan palladium melemah 1,77% menjadi 745,15 dollar per troy ons.

Sementara itu pada perdagangan elektronik di Asia hari ini harga emas terpantau masih terperangkap dan tidak bergerak jauh dari posisi paling rendah dalam tiga minggu yang dicapai pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu (11/11). Hari ini harga emas masih berada dalam pola bearish setelah data ekonomi dari AS menunjukkan sektor tenaga kerja mulai membaik.

Data NFP untuk bulan Oktober yang dirilis Jumat lalu terpantau mengalami kenaikan dua kali lipat dari estimasi yaitu mencapai angka 204,000. Naiknya NFP menunjukkan membaiknya sektor tenaga kerja di Negeri Paman Sam tersebut. Meskipun tingkat pengangguran justru naik ke level 7.3 persen, tetapi sentiment secara umum terhadap sektor tenaga kerja adalah positif.

Kondisi tersebut mengakibatkan para investor kembali berspekulasi bahwa The Fed akan mengurangi stimulus moneternya. Harga emas terpukul akibat spekulasi tersebut.

Hari ini harga emas spot LLG terpantau berada di level 1286.45 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami penurunan sebesar 1.55 dollar dari posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu yang ada di level 1288 dollar per troy ons.

Analisa emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa harga komoditas emas LLG akan mengalami  penurunan pada perdagangan hari ini. Harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1280 – 1295 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar