Senin, 07 Oktober 2013

Emas Jatuh karena Taruhan Kebuntuan di AS akan Segera Diselesaikan.

Harga emas untuk perdagangan kemarin dilaporkan mengalami kenaikan. Komoditi logam tersebut merasa diuntungkan dengan adanya lanjutan “shutdown” yang terjadi pada pemerintah AS sampai dengan hari ini. Banyak kalangan menilai bahwa jika sampai dengan hari ini pemerintah dan parlemen AS tidak melakukan proses perundingan kembali, maka perekonomian AS akan dihadapkan pada situasi yang tidak menguntungkan. Dampak dari kondisi tersebut akan berakibat pada naiknya permintaan komoditi safe haven seperti logam mulia.

Harga emas spot saat ini naik 0,1% menjadi 1318,41 dollar per troy ons dengan level support sebesar 1282 dollar per troy ons dan level resistant sebesar 1334 dollar per troy ons.

Sementara itu Emas hari ini jatuh untuk ke empat kalinya minggu ini karena spekulasi bahwa efek parsial dari penutupan pemerintah AS akan berlangsung sebentar saja, memangkas permintaan metal berharga ini sebagai penyimpan nilai.

Penutupan aktifitas dan pelayanan pemerintah AS memasuki hari keempat ditengah perdebatan mengenai budget dan batas pagu hutang. Bill Goss dari Pacific Investment Management Co. dan Laurance D. Fink dari BlackRock Inc. berkata kebuntuan akan segera diatas, membatasi kerusakan terhadap ekonomi. Indeks saham Standard & Poor’s 500 naik sebanyak 0.8%.

“Uang kelihatannya mengejar saham,” Phil Streible seorang broker komoditi senior di R.J. O’Brien & Associates di Chicago, berkata dalam interview melalui telepon. “Emas tampaknya tidak menarik dengan premiumnya sebagai safe-haven.”

Emas berjangka untuk penyerahan Desember jatuh 0.6% dan ditutup di $1,309.90 per ons pada 1:41 p.m. di Comex New York. Sebelumnya, harga berayun antara naik dan turun, memanjat sebanyak 0.6%.

Sebanyak 800.000 pekerja di federal AS dihentikan bekerja sementara. Kongres juga menghadapi perdebatan mengenai menaikkan pagu hutang $16.7 triliun bulan ini.

Emas turun 2.2 persen minggu ini, dan telah jatuh sebanyak 22 persen dalam tahun 2013 dengan saham rally mencapai rekornya dan inflasi tetap rendah.

Perak berjangka untuk penyerahan Desember turun 0.2 persen menjadi $21.752 per ons. Dan telah turun 28 persen dalam tahun ini.

Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk penyerahan Januari naik 1.1 persen menjadi $1,388 per ons. Metal ini telah turun 10 persen selama tahun ini.

Palladium Berjangka untuk penyerahan Desember naik 0.2% menjadi $701,95 per ons. Minggu ini, harga telah turun 4.1 persen, terbanyak sejak akhir Juni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar