Rabu, 16 Oktober 2013

Di Sesi Asia Harga Emas Melemah

Harga emas jatuh ke 3 bulan terendah pada hari Selasa dengan kepercayaan bahwa para pembuat kebijakan sedang mendekati penyelesaian dalam urusan negosiasi hutang AS di Washington yang mengangkat pasar saham dan dolar AS, mengurangi minat terhadap metal berharga ini sebagai pelindung dari resiko.

Harga perak juga turun lebih dari 3 persen ke terendah sejak pertengahan Agustus, mengikuti pergerakan emas.

Indeks dolar AS menyentuh satu bulan tertinggi, saham-saham Eropa bergerak naik di sesi ke 4 dan saham Asia mencapai 5 bulan tertinggi atas tanda bahwa suatu penyelesaian bisa di capai di Washington untuk menghindari kegagalan bayar yang menghancurkan.

Pada perdagangan elektronik di Asia pagi ini harga emas mengalami penurunan yang cukup signifikan (16/10). Sempat berakhir di zona hijau pada perdagangan kemarin, hari ini harga logam mulia kembali terseret oleh sentimen negatif di tengah ekspektasi bahwa para petinggi AS akan berhasil menemukan jalan tengah tepat waktu untuk menyelamatkan ekonomi Amerika Serikat dari kemungkinan kebangkrutan.

Harga emas pada sesi perdagangan kemarin menguat karena makin dekat waktu jatuh tempo untuk penetapan batas atas utang AS, dan belum ada kepastian bagaimana pemerintah akan menyikapi hal tersebut. Perwakilan Kongres masih belum bersepakat mengenai hal ini dan para petinggi Senat menunda perundingan untuk melihat kondisi di Kongres. Akan tetapi saat ini sudah ada kabar bahwa para petingi Senat kembali melakukan perundingan.

Harga emas spot LLG pagi hari ini terpantau berada pada posisi 1276.30 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami penurunan sebesar 5.35 dolar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan kemarin.

Pada sesi perdagangan kemarin harga emas spot LLG mengalami pergerakan yang cukup fluktuatif. Harga sempat mengalami penurunan tajam ke posisi tiga bulan terendah di level 1251.60 dollar sebelum akhirnya ditutup di teritori positif.

Analisa emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG masih berpotensi untuk mengalami penurunan. Sesi perdagangan di Asia hari ini tampak dipenuhi oleh sentimen negatif setelah bursa saham AS di penutupan perdagangan dini hari tadi anjlok. Harga komoditas ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1250 – 1280 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar