Rabu, 25 September 2013

Sedikit Didorong Spekulasi Tapering Bulan Oktober, Harga Emas Bergerak Menguat

Kabar emas terbaru mengabarkan bahwa Emas menghentikan penurunannya selama dua hari karena spekulasi bahwa permintaan kemungkinan menguat sebelum liburan Minggu Emas Cina dimana harga emas yang telah rendah menarik minat para pembeli. Perak, Platinum dan Palladium juga meningkat.

Emas penyerahan segera naik sebanyak 0.5% menjadi  $1,329.38 per ons dan diperdagangkan pada $1,325.28 pada 2:16 p.m. di Singapore.

Bullion jatuh untuk keempat minggunya pada minggu lalu, penurunan terpanjang sejak April, bahkan setelah Federal Reserve AS menahan diri untuk memperlambat pembelian bulanan obligasi senilai 85 miliar dolar yang telah mengangkat harga emas ke 12 tahun bullish di 2012.

Harga emas tampak bergerak menguat terbatas pada perdagangan hari ini (25/09). Harga komoditas tersebut mengalami pergerakan yang cukup fluktuatif di tengah kekhawatiran bahwa Fed akan mulai melakukan tapering stimulus moneter pada bulan Oktober mendatang.

Minggu Emas dimulai pada tanggal 1 Oktober 2013, dimana konsumen akan meningkatkan pembelian bullionnya. Data dari Shanghai Gold Exchange menunjukkan volume untuk emas spot dengan kemurnian 99.99 persen, naik ke satu minggu tertinggi sebanyak 13,952 kilogram kemarin.

Harga emas spot LLG pada sesi perdagangan hari ini terpantau berada di level 1325.40 dollar per troy ons. Harga emas spot tersebut mengalami kenaikan sebesar 2.30 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Sementara itu harga emas berjangka Comex untuk kontrak bulan Desember mengalami kenaikan sebesar 0.7 persen dan diperdagangkan hari ini pada posisi 1325.40 dollar per troy ons.

Harga emas mengalami kenaikan sebesar 4.1 persen pada tanggal 18 September lalu setelah Fed secara tidak terduga mempertahankan besaran pemberian stimulus bulanan di Amerika Serikat. Presiden Fed St. Louis James Bullard mengatakan bahwa ada kemungkinan pengurangan stimulus tersebut akan mulai dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

Analisa emas Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1320 – 1330 dollar per troy ons.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar