Selasa, 09 Juli 2013

Harga Emas LLG Sesi Asia Kembali Tunjukkan Dominasi

Sesi Asia Kembali Tunjukkan Dominasi Harga Emas LLGPada perdagangan elektronik di Asia kemarin harga emas spot LLG tampak mengalami penurunan lanjutan. Harga minyak mentah mengalami penurunan melanjutkan penurunan akhir pekan lalu, seiring dengan membaiknya sektor tenaga kerja di Amerika Serikat. Membaiknya sektor tenaga kerja mengakibatkan kenaikan spekulasi bahwa Fed akan mengurangi program stimulus moneternya.

Harga emas LLG pagi hari ini kembali mengalami penurunan untuk tiga hari berturut-turut. Data tenaga kerja dari AS pekan lalu menunjukkan bahwa NFP mengalami kenaikan yang jauh melebihi estimasi. Naiknya angka payroll tersebut merupakan dorongan tambahan bagi Fed untuk mulai mengurangi program stimulusnya.

Pada perdagangan elektronik di Asia harga emas hari ini mengalami kenaikan lanjutan (09/07). Harga emas spot LLG naik untuk dua hari berturut-turut dan mencapai level tertinggi dalam empat hari belakangan. Suasana pergerakan harga emas boleh dibilang masih cenderung sideways.

Kenaikan harga emas hari ini terjadi akibat aksi beli yang didorong oleh faktor teknikal. Harga emas yang sudah menembus level resistance jangka pendek berpotensi melanjutkan rally-nya. Kenaikan harga ini juga didorong oleh rilis data inflasi bulan Juni di China yang lebih besar dari estimasi, sehingga status emas sebagai sarana hedging inflasi kembali mengemuka.

Indeks harga konsumen untuk bulan Juni lalu mengalami peningkatan sebesar 2.7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kenaikan IHK ini melampaui estimasi yang sebelumnya hanya mengharapkan terjadi kenaikan sebesar 2.5 persen. Inflasi di tingkat konsumen ini juga mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan inflasi di bulan Mei yang hanya di level 2.1 persen.

Siang ini harga emas spot LLG terpantau berada pada posisi 1255.45 dollar, posisi paling tinggi sejak tanggal 4 Juli lalu. Harga emas spot LLG tersebut tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan sebesar 18.75 dollar dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi. Selama dua hari berturut-turut harga emas LLG mengalami kenaikan yang cukup solid. Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami kenaikan sebesar 15 dollar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG pada perdagangan hari ini akan cenderung melemah terbatas. Harga emas spot LLG diprediksi akan bergerak pada kisaran 1240 – 1270 dollar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar