Rabu, 19 Juni 2013

Harga Emas LLG Sesi Asia Kembali Melemah; Pasar Emas Kurangi Greget


Pada perdagangan hari ini harga emas tampak kembali berpotensi mengalami penurunan (19/06). Harga emas jenis LLG membukukan penurunan tajam di akhir perdagangan dini hari tadi seiring dengan tekanan yang ditimbulkan akan rally-nya bursa saham. Pada sesi perdagangan di Asia siang hari ini kemungkinan penurunan kembali terbuka karena para investor masih dilanda kekhawatiran mengenai kemungkinan pengurangan/penghentian program stimulus moneter oleh The Fed.

Harga emas mengalami penurunan untuk tiga hari berturut-turut. Saat ini minat para pelaku pasar terhadap emas yang merupakan investasi safe haven sudah jauh berkurang. Kenaikan bursa saham di tengah harapan bahwa The Fed akan mempertahankan program stimulus di level yang berjalan saat ini memberikan dorongan bagi kenaikan bursa saham.

Melemahnya harga emas juga disebabkan oleh turunnya pembelian fisik di China dan India. Kedua negara ini merupakan konsumen emas utama dunia.

Harga emas spot pada perdagangan hari ini tampak berada di posisi 1365.55 dollar per troy ons. Harga emas siang ini mengalami penurunan sebesar 2.10 dolar dibandingkan posisi penutupan perdagangan perdagangan dini hari tadi yang ada di 1367.45 dollar per troy ons. Sementara itu harga emas berjangka Comex tampak mengalami kenaikan sebesar 2 dollar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas masih berpotensi mengalami penurunan. Pasar masih menantikan pengumuman kebijakan moneter Fed untuk menentukan apakah stimulus akan benar-benar dikurangi atau masih dipertahankan. Untuk sementara harga emas diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 1360 – 1390 dollar. Untuk analisa emas lainnya, silahkan kunjungi web kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar